Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

belajar mengutamakan pengembangan multicerdas berbasis pembiasaan individu yang inovatif, kreatif, ilmiah, edukatif dan religius - ditunggu segala komen, kritik dan sarannya ya...

Minggu, 09 November 2008

Obama Menang di Ohio & Iowa, McCain Menang di Utah

Langkah senator Illinois Barack Obama menuju Gedung Putih semakin menunjukkan jalan lempang. Pada pemilihan presiden yang digelar Selasa 4 November waktu setempat, Barack berdasarkan quick count sudah mendapatkan suara 202, di atas perolehan suara McCain yang baru mengumpulkan 75 suara.

Barack, seperti dikutip dari Asssociated Press (AP), Selasa (4/11/2008), berhasil memenangkan pemilihan di Ohio dan Iowa.

Berdasarkan hasil survei, ternyata para pemilih di AS lebih tertarik mencermati isu ekonomi. Dari 10 respoden, ternyata hanya 1 yang tertarik untuk mengomentari masalah energi, Irak, terorisme dan jaminan sosial.

Sementara berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan AP atas 10.000 pemilih pada saat pemilihan melalui telepon secara acak, diperoleh angka Obama meraih 202 suara atau butuh 270 suara lagi untuk menuju Gedung Putih. Sedangkan McCain hanya memperoleh 80 suara.

Partai Demokrat yang mengusung Obama mendapat dukungan penuh di Iowa, Ohio, Wisconsin, Michigan, New York, Rhode Island, Minnesota, Pennsylvania, New Hampshire, Vermont, Connecticut, Delaware, Illinois, Maine, Massachusetts, Maryland dan New Jersey, termasuk Distrik Columbia.

Sedangkan Partai Republik yang mengusung McCain mendapat dukungan di Utah, Arkansas, Kansas, Kentucky, Tennessee, Oklahoma, Wyoming, Alabama, South Carolina, Louisiana, West Virginia, dan North Dakota. (mbs)

Tidak ada komentar: