Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

belajar mengutamakan pengembangan multicerdas berbasis pembiasaan individu yang inovatif, kreatif, ilmiah, edukatif dan religius - ditunggu segala komen, kritik dan sarannya ya...

Jumat, 12 September 2008

Bagian I : Kilas Balik

Kedatangan, Juni-Juli 2004
Gelombang kedua guru pelajaran umum/dirosah kauniyyah tiba, sesuai dengan komitmen pesantren dalam upaya peningkatan kualitas, kali ini seluruh mata pelajaran mafikib dan bahasa Indonesia diampu oleh guru bidang studi yang berbasis umum dengan mendatangkannya dari berbagai universitas (Universitas Pendidikan Indonesia, Fakultas Tarbiyah UIN Bandung dan FKIP Universitas Negeri Surabaya). Kehadiran asatidz baru ini melengkapi asatidz senior yang sudah lebih dahulu berkarya di pondok pesantren.

Persiapan, Agustus-September 2004
Pertemuan demi pertemuan melahirkan perencanaan olimpiade sains (IPA) antar konsulat, sebuah inovasi baru dalam upaya menghadirkan sikap positif sekaligus mengawal transformasi pesantren dalam mengenal wawasan ilmiah dan riset, sambutan luar biasa diperoleh dari pemimpin pondok beserta segenap jajarannya. Terlebih beberapa bulan sebelumnya, terlaksana olimpiade matematika yang berhasil menghadirkan kesan baik di lingkungan para santri yang selama ini menganggap matematika sebagai momok dengan metode belajar yang menjemukan.

Pekan Imiah Daar El-Qolam (PIMDA I), Oktober 2004
Menjelang Ramadhan, terlaksana sudah olimpiade IPA antar konsulat, menyisakan kesan dan harapan untuk terus berkarya, melahirkan juara-juara yang menjadi harapan sebagai wakil pondok dalam mengikuti event serupa di tingkat selanjutnya. Persiapan yang dilakukan ternyata mampu menghadirkan kenangan bagi santri yang selama ini menganggap IPA sebagai pelajaran kurang menarik. Kehadiran lomba didukung dengan media berupa slide, charta, awetan dsb menuai pujian dan harapan berbagai pihak, adapun pada hari-hari berikutnya lahir pula event lain dalam kemasan olimpiade diantaranya olimpiade Faroidl dan olimpiade Bahasa.

Pendirian Kelompok Ilmiah, 11 Januari 2005
Sebagai tindak lanjut dari olimpiade IPA yang sudah dilaksanakan, serta meningkatkan ketajaman bimbingan dalam pengembangan kemampuan ilmiah, pada tanggal 11 Januari 2005, dideklarasikan lahirnya Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Daar El-Qolam sebagai underbouw MGMP MIPA Daar El-Qolam. atas saran direktur serta berbagai pertimbangan, KIR kemudian beralih nama menjadi Kelompok Ilmiah Santri Daar El-Qolam (KIS). Terpilih sebagai ketua M. Syaefullah (Kelas 6 IPA A) dengan motto “Berilmu Amaliyah, Beramal Ilmiah”

Seleksi Team Olimpiade Pondok (TOP) I, April 2005
Sayap dari KIS DQ adalah TOP, beranggotakan KIS yang kembali diseleksi sebagai syarat berhak mewakili pondok mengikuti event olimpiade dan sebagainya yang diselenggarakan pihak luar, terpilih M Irfan Adi P sebagai koordinator, dengan mengusung target awal menjuarai tingkat lokal (wilayah Banten).

Perlombaan, Mei 2005-Januari 2006.
Sepajang bulan ini, TOP tercatat telah mengikuti beberapa perlombaan di luar pondok, diantaranya cerdas cermat (CC) tingkat MTs Depag Tangerang (Juara II), CC tingkat MTs dan SMA Insan Cendekia se-Banten, LCTM tingkat MTs dan SMA Untirta Se-Banten dan tepat 11 Januari 2006 olimpiade Mipagama tingkat MTs MAN 2 Serang se-Banten (Juara I).

PIMDA II, Pebruari-Maret 2006
Setelah melewati persiapan matang, maret 2006 dilaksanakanlah PIMDA II. Kali ini, terdapat penambahan event dan matalomba disamping pelaksanaan olimpiade MIPA antar konsulat, diantaranya LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), LKIP (Lomba Kreativitas Ilmiah Populer), open laboratorium, dan pemeriksaan golongan darah. Tak ayal event ini melibatkan ribuan santri Daar El-Qolam serta ratusan asatidz, baik sebagai peserta, pengamat, juri, pengunjung maupun akseptor golongan darah.

Perlombaan, April – Desember 2007
Tahun ketiga, TOP tercatat mengikuti perlombaan: olimpiade mipagames di MAN II Serang (juara II), CC tingkat MTs dan SMA Insan Cendekia se-Banten (Juara II) LCTM tingkat MTs (juara I) dan SMA (juara II) Untirta se-Banten, semifinalis Lomba Cepat Tepat Biologi UPI Bandung, Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi dan Kimia UPI, KF, LKTI, Matematikaria serta peringkat 6 (semifinalis) LCTB pestasains IPB.

PIMDA III/Olimpiade MIPA tingkat MTs Lokal dan Se-Jabodetabek&Banten
Seiring kegembiraan turut serta menyambut ulang tahun Daar El-Qolam ke-40, MGMP MIPA beserta KIS, menyelenggarakan kegiatan olimpiade MIPA tingkat MTs untuk dua kategori; lokal pondok dan tingkat MTs se-Jabodetabek & Banten, kegiatan ini melibatkan peserta lebih dari 72 sekolah tingkat menengah di sekitar Bogor, Depok, Jakarta dan Banten, dengan memperebutkan tropi gubernur Banten, bupati Tangerang serta pemimpin Pondok. Lahir sebagai juara adalah SMPN 1 Serang (juara I).

Pergantian Jabatan KIS
Proses kaderisasi terus berjalan seiring pergantian estafet para asatidz pembimbing. Dengan bernafaskan slogan mau memimpin dan siap dipimpin, maka terjadi beberapa pergantian jabatan ketua dari santri dalam tubuh KIS Daar El-Qolam, sebagai berikut:

Periode 2005 - 2006 Syaefullah
Periode 2006 - 2007 Erick (Pa) dan Gina Najjah (Pi)
Periode 2007 - 2008 Fadlan Nurul F (Pa) dan Kartikasari Haryono P (Pi)
Periode 2008 - sekarang Hadi Hidayat (Pa) dan Arifah Fitriani (Pi)
Tahun 2008, dilaksanakan peresmian dan pemisahan program kelas unggulan, dengan demikian dicetuskan pembentukan KIS MIPA kelas reguler yang diketuai Nasri Adhi.

MGMP MIPA, KIS dan TOP DQ terus berbenah, saat ini event terdekat yang dihadapi diantaranya undangan mengikuti perlombaan LCT MIPA di Pondok Pesantren La-Tansa dan undangan Pestasains IPB 2008. Semoga upaya yang terus dilakukan, diiringi dengan doa dari seluruh keluarga besar Daar El-Qolam mampu menjadikan semua proses yang telah dilakukan ini memberikan manfaat baik bagi kemajuan pondok maupun dunia pendidikan serta menjadi amal baik bagi kita bersama dalam upaya menggapai kualitas sehingga mampu melahirkan generasi harapan yang lebih baik, amin

Tidak ada komentar: