Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

belajar mengutamakan pengembangan multicerdas berbasis pembiasaan individu yang inovatif, kreatif, ilmiah, edukatif dan religius - ditunggu segala komen, kritik dan sarannya ya...

Minggu, 14 September 2008

Dibalik Laskar Pelangi


Laskar Pelangi tayang di kick andy dan menginspirasi jutaan penonton. Belum lagi ribuan orang yang hadir dalam kegiatan kick andy off air yang juga menghadirkan penulisnya, seperti yang terakhir di Kota Surabaya. Sudah menjadi fakta bahwa buku yang diakui ditulis berdasarkan kisah nyata ini memberikan inspirasi. Tapi benarkah ini kisah nyata? Jika benar mengapa buku ini tidak becerita tentang sepotong kisah hidup Andrea Hirata? Apakah disimpan untuk buku keempatnya?

Andrea Hirata yang bernama asli Andrian Hirata (sebagaimana tercantum dalam kartu pegawainya) selalu tampak sebagai pria yang sensitif, menangis ketika ada kejutan yang menyentuh hati. Tetapi benarkah ini Andrian Hirata?
Andrian Hirata yang selalu mengaku sebagai bujangan, tidak sepenuhnya singel. Jika ia mau mengaku dia adalah seorang duda. Mejadi duda atau janda bukanlah aib, tapi apa yang menyebabkannya harus diperiksa. Andrian Hirata tidak ditinggal mati istrinya
Wanita yang pernah dinikahinya masih hidup dan tinggal satu kota dengannya. Menyedihkan sekali kondisi wanita itu. Ia ditelantarkan, tidak dinafkahi baik lahir atau batin sampai kemudian ia diceraikan. Wanita itu sekarang sedang mencari keadilan. Mungkin demi ketenaran ini Andrian Hirata menyembunyikan bagian hidup ini.

Bagaimanapun seorang bujangan, kaya, terkenal, pintar, taat beribadah adalah impian semua wanita. Tentu Laskar Pelangi tidak menjadi buku best seller jika memoar itu ditulis oleh seorang lelaki yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga.

Fakta ini membuka mata kita, untuk tidak menilai dari muka saja.
Semoga forum ini dapat membantu wanita yang teraniaya ini. Kesetiaan Andy Noya pada komitmen pernikahan semoga lebih bisa menginspirasi tidak hanya penontonnya tapi juga yang tampil di acaranya termasuk Andrian Hirata.

Ini bukan bermaksud menyebar fitnah. Nomor telepon istri Andrian Hirata ada pada saya. (Bukti pernikahan ini juga ada di PT. Telkom Indonesia)


Begitulah yang tertera dalam posting sebuah milis terkenal di negeri ini, benar atau tidak kabar tersebut masih memerlukan pembuktian, akan tetapi kehadiran posting ini kontan membuat faithaneef termenung-menung, betapa kita terlalu sering mengumbar kata-kata kita sendiri untuk menelanjangi aib orang lain yang belum yakin benar adanya.

Andrea Hirata, dengan segala kelebihannya telah mampu menginspirasi jutaan orang untuk bangkit, berbuat dan berjuang meretas tembok keterbatasan. dengan segala kelemahannya, dia mampu menunjukkan bagaimana seorang ikal menemukan cara mengagumi keindahan mozaik hidup, memahami berbagai penderitaan sebagai terpaan sehingga mampu menggapai impiannya yang bagi sebagian besar orang menganggap mustahil dilakukan.

Kembali pada posting diatas, kalaupun berita itu memang benar layakkah kita mencampuri urusan rumah tangga (pribadi) orang lain, tidak adakah cara lain untuk membantu mengungkap kebenaran dengan cara yang lebih elegan, otak kita memang telah terbiasa untuk setiap hari memakan gosip, membicarakan kelemahan orang lain terasa begitu manis, sementara kita tahu orang tersebut tengah berjuang susah payah untuk memperbaiki segala kelemahannya.

Saya tidak tahu apa yang terjadi antara Andrea dengan pengirim postingan tersebut. setiap orang tentu memiliki masalalu, hanya diri kita sendiri yang mampu menilai dan memahami setiap masalalu menjadi sebuah keindahan hidup, kita hanya mampu berharap semoga saja seorang Andrea dengan masa lalunya mampu berbuat lebih bijak serta tetap menjadi inspirator bagi jutaan orang di negeri ini

Selamat atas launching film Laskar Pelangi, ditunggu Maryamah Karpov-nya bang!
Salam dari Keluarga Besar Daar El-Qolam, terima kasih sudah berkenan berbagi pengalaman dengan mengunjungi pesantren kami

1 komentar:

Anonim mengatakan...

halo ! tes komentar ah